SID Menuntut Kebersamaan

  • Jul 18, 2017
  • kalikondang
  • BERITA, PRODUK DESA

Pelatihan pemanfaatan Sistem Informasi Desa (SID) bagi perangkat desa pada Kamis, 13 Juli 2016 di Demak, Kecamatan Demak Kabupaten Demak. Acara yang dikelola Pemerintahan Demak ini merupakan babak baru proses inisiatif SID dalam rangka Pemanfaatan dan Pengembangan tahap demi tahap fasilitasi Peningkatan kapasitas desa dalam pengelolaan data dan informasi.

Salah satu kunci penting dan mendasar dalam penerapan SID adalah kesiapan kelembagaan desa dan kabupaten untuk mendukung inisiatif ini. Di Tingkat Kabupaten, rancangan Peraturan Bupati yang mengatur pelaksanaan program pengembangan dan pemanfaatan SID akan segera disahkan. Peraturan bupati ini diharapkan bisa mampu menjadi payung hukum untuk penerapan SID yang saat ini sedang dikembangkan oleh masing – masing pihak Desa.

Di tingkat desa, Pemerintah Desa harus selalu mempersiapkan diri dengan meningkatkan kapasitas Perangkat Desanya, tak hanya Operator SID saja. Tak pelak  secara posisi, Pemerintah Desa tersebut memiliki peran dan tanggungjawab penting dalam pengambilan keputusan dan kebijakan. Oleh karena itu, pelatihan kali ini akan ditujukan bagi Perangkat Desa agar pengetahuan tentang SID dapat dikuasai merata oleh perangkat desa. Dengan adanya pelatihan pengelolaan dan pemanfaatan SID untuk perangkat desa diharapkan manfaat SID bagi warga akan bisa lebih nyata terjadi di setiap desa.